cover
Contact Name
Ivan Widiyanto
Contact Email
ivan@petra.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
qhenc@petra.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Share : Journal of Service Learning
ISSN : 23387866     EISSN : 26554720     DOI : -
Jurnal SHARE memfokuskan pada materi kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen, praktisi maupun mahasiswa. Secara filosofis, “jati diri“ jurnal dapat dimaknai sebagai berikut: 1. “SHARE“ merupakan akronim dari SHaring – Action – REflection yang berarti “berbagi, tindakan dan refleksi“. Ini memiliki makna sebuah proses yang berkelanjutan. 2. Kata “SHARE“ sendiri berarti berbagi. Ini mengisyaratkan 4 hal prinsip: a. Hakekat dari hidup adalah berbagi dengan sesama. b. Ilmu pengetahuan bersifat universal sehingga haruslah dibagi dan diabdikan. c. Panggilan seorang pendidik adalah membagi ilmu dan pengalaman dengan sesama pendidik, mahasiswa dan masyarakat. d. Berbagi merupakan pengejawantahan nilai-nilai kristiani. 3. Penggunaan warna biru mewakili makna kestabilan dan intelegency sehingga media ini diharapkan terbit secara rutin, konsisten dengan makna filosofis yang disandangnya, bersubstansi ilmiah dan mewakili kecerdasan intelektual penulisnya
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 2 (2018): AUGUST 2018" : 5 Documents clear
PERANCANGAN FASILITAS DISPLAY MAKET FURNITUR MENGGUNAKAN MATERIAL BEKAS BANGUNAN DAN FURNITUR KAMPUS (Studi Kasus: Service Learning Mata Kuliah Eko Desain 2017) Monica Santoso; Christine Yulie Kurniawan; Yusita Kusumarini
SHARE: Journal of Service Learning Vol. 4 No. 2 (2018): AUGUST 2018
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (876.552 KB) | DOI: 10.9744/share.4.2.32-40

Abstract

Mata kuliah Eko-Desain 2017 di Program Studi Desain Interior meresponi per­masalah­an menumpuknya solid waste di kampus dengan metode service-learning untuk membantu memberikan alternatif solusi terhadap menumpuknya solid waste di institusi pendidikan Universitas Kristen Petra. Solid waste yang diresponi adalah menumpuknya fur­nitur bekas aktivitas kampus yang sudah habis masa pakainya, dan material bongkaran bangunan renovasi kampus yang telah menumpuk menjadi material bekas. Material bekas yang dipilih adalah kaca nako bekas jendela bangunan lama kampus dan besi bekas kursi kuliah. Prinsip eko-desain yang diterapkan adalah perancangan produk dari material bekas tersebut untuk menjadi produk fasilitas kampus kembali. Metode yang digunakan dalam proses perancangan produk adalah design thinking. Metode yang digunakan dalam proses pembelajar­an adalah service-learning. Mitra dalam proses service-learning MK eko-Desain 2017 adalah civitas pengguna galeri pameran Program Studi Desain Interior, Unit Pelayanan dan Peme­lihara­an Kampus, dan Wakil Rektor yang mengelola Sarana dan Prasarana Kampus. Peran­cangan ini menghasilkan tiga model produk display maket furnitur dengan gaya modern-minimalis yang dapat juga digunakan di berbagai ruangan untuk fungsi lain-lain
PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PROGRAM EDUTAINMENT UNTUK RE-AKSESBILITAS INFORMASI BERBASIS TEKNOMEDIA PADA ORGANISASI PEREMPUAN GEREJA DI GKJW JAMBANGAN SURABAYA DAN WARU SIDOARJO) Gatut Priyowidodo; Yustisia D. Sari; Inri Inggrit I.
SHARE: Journal of Service Learning Vol. 4 No. 2 (2018): AUGUST 2018
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (541.088 KB) | DOI: 10.9744/share.4.2.41-54

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat yang bertemakan Pemberdayaan Perempuan  Melalui  Program Edutainment Untuk Re-Aksesbilitas Informasi Berbasis Teknomedia Pada Organisasi Perempuan Gereja (Pilot Project Information Literacy Di GKJW Jambangan Surabaya Dan Waru Sidoarjo ini adalah dalam rangka penerapan ipteks kepada masyarakat selaku stakeholder. Tujuan kegiatan ini adalah Perempuan  di GKJW Jambangan Surabaya dan Waru Sidoarjo terbentuk ketrampilan melek informasi, mampu mengelola informasi yang ada serta memahami, memiliki dan memanfaatkan informasi dalam kehidupan sehari-hari. Sasaran kegiatan ini adalah perempuan gerejawi yang terwadahi oleh Komisi Pembinaan Peranan Wanita (KPPW) di GKJW Jambangan Surabaya dan Waru Sidoarjo. Metode yang digunakan adalah pendidikan dan pelatihan program Edutainment  untuk aksesbilitas informasi berbasis teknomedia. Melalui kegiatan ini, para pengabdi masyarakat mencoba memperkenalkan penggunaan teknomedia berbasis android dengan menggunakan smartphone. Tahap pertama adalah melalui perkenalan alat yakni smartphone, dan selanjutnya pengenalan atau pengaplikasian sistem informasi melalui kuis tebak tokoh dengan cara men-download software aplikasi di smartphone yang berbasis android.
RESPON EKOLOGIS DAN KREATIF BEBAN LIMBAH FURNITUR RUSAK DI INSTITUSI PENDIDIKAN Monika Evelin; Feliecia Angelina; Yusita Kusumarini
SHARE: Journal of Service Learning Vol. 4 No. 2 (2018): AUGUST 2018
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (925.286 KB) | DOI: 10.9744/share.4.2.1-9

Abstract

Limbah furnitur rusak di institusi pendidikan adalah permasalahan rutin yang cukup menjadi beban bagi pengelola sarana prasarana di institusi pendidikan. Sebagai studi kasus dalam bahasan ini adalah menumpuknya furnitur rusak di Universitas Kristen Petra.Isu tersebut menjadi materi kasus yang dipilih dan perlu diselesaikan dalam mata kuliah Eko-Desain Program Studi Desain Interior, Universitas Kristen Petra pada tahun 2018. Fenomena menumpuknya furnitur rusak di gudang UPPK (Unit Pemeliharaan dan Pelayanan Kampus) dipandang sebagai bagian dari permasalahan lingkungan kampus yang perlu diresponi secara ekologis dan kreatif. Respon terhadap permasalahan tersebut diproseskan dalam kegiatan pembelajaran dengan melibatkan mahasiswa dan pemangku kepentingan, dengan pendekatan design thinking dan metode service-learning. Hasil dari proses pembelajaran tersebut adalah 21 produk kreatif berupa furnitur baru untuk memenuhi kebutuhan aktivitas di kampus
DESAIN FASILITAS BANGUNAN HUMANIS DALAM MENINGKATKAN KENYAMANAN TK AN-NUR Edwin Santoso; Melisawati Susetyo; Tiffany Kusuma; Luciana Kristanto
SHARE: Journal of Service Learning Vol. 4 No. 2 (2018): AUGUST 2018
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (581.123 KB) | DOI: 10.9744/share.4.2.10-21

Abstract

Bangunan publik seperti sekolah adalah tempat bagi anak-anak untuk tumbuh, melakukan beberapa kegiatan, dan berinteraksi dengan yang lain. Lingkungan belajar yang baik dapat mengoptimalkan pertumbuhan anak. TK AN-NUR adalah salah satu sekolah di Surabaya yang belum mengoptimalkan fasilitas sekolahnya. Ini adalah alasan mengapa penulis memilih topik ini untuk menganalisis apa yang harus diperbaiki untuk membuatnya lebih baik. Oleh karena itu, penulis menyarankan untuk memperbaiki dan menambahkan beberapa elemen untuk meningkatkan kenyamanan belajar dan bermain untuk lingkungan anak-anak di sekolah itu
GEROBAK ”MANTAP” UNTUK SERVICE-LEARNING UKM KAMPUNG UNGGULAN KUE Claudia Filiana Sunaryo; Meinasari Ardelia Tedja; Jenniffer Magdalena; Madeleine Christie Liady; Grace Mulyono
SHARE: Journal of Service Learning Vol. 4 No. 2 (2018): AUGUST 2018
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (850.9 KB) | DOI: 10.9744/share.4.2.22-31

Abstract

UKM atau Usaha Kecil Menengah merupakan salah satu metode usaha yang banyak berkontribusi secara positif terhadap perekonomian negara. UKM Kampung Unggulan Kue merupakan salah satu UKM di Surabaya yang memiliki potensi unggulan menghasilkan produk kue basah. Kampung Unggulan Kue saat ini memiliki permasalahan keterbatasan perabot yang mendukung penjualan. Untuk menjawab permasalahan tersebut, mahasiswa melakukan perkuliahan dengan metode Service-Learning dimana pemecahan masalah tersebut akan melibatkan mahasiswa secara langsung untuk mengembangkan keterampilan akademik, rasa tanggung jawab, dan komitmen mahasiswa terhadap masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskripsi kualitatif analisis digunakan untuk mengidentifikasi keadaan langsung di lapangan, literatur dan perancangan. Setelah melewati proses diskusidan analisis UKM, penelitian ini menghasilkan sebuah “gerobak” yang bisa dipasang dan dibongkar dengan mudah yang digunakan untuk berjualan di bazar, car free day, maupun pasar malam

Page 1 of 1 | Total Record : 5